Trauma Healing Adik-Adik Kampung

Lombokit.com Sore hari, saya dan teman-teman KKN Tanggap Darurat berkunjung disalah satu SD yang terletak dipedalaman kecamatan Sembalun. Kondisi desa yang masing perkebunan, akses jalan yang terbatas dan air bersih juga terbatas membuat desa diselimuti kekurangan air selama berbulan-bulan terlebih semenjak gempa yang melanda pulau Lombok. SDN 2 Bilok Petung adalah SD yang berdiri di dusun Landean Desa Bilok Petung, jumlah murid di SD ini adalah 87 murid yang terdiri dari 6 kelas. Kini kegiatan belajar mengajar di SD ini tidak sebaik sebelum bencana alam gempa terjadi. Proses belajar-mengajar diadakan diluar kelas dengan memanfaatkan halaman luar sekolah untuk mendirikan sekolah darutat menggunakan rangkaian bambu dan terpal. Terlihat pula adik-adik masih merasa takut dengan apa yang sudah dialaminya, masih ada ketraumaan yang mendalam dibeberapa anak akibat hentakkan gempa bumi menerjang. Lokasi adik-adik ini juga merupakan daerah yang rawan gempa karena seringkali titik/pusat gempa tepat berada dikecamatan mereka.

Untuk itu, demi panggilan kemanusiaan. Kami semua datang untuk meringankan beban saudara-saudara kami yang masih dirasakan pasca gempa dengan mengembalikan kembali semangat dan motivasi adik-adik untuk semangat sekolah dan belajar. Alhamdulillah, syukur saya dan teman-teman panjatkan dapat melihat mereka dapat tersenyum lepas kembali, sungguh kebahagiaan yang diraih dengan cara yang begitu sederhana.

Semangat adik-adikku.  Kalian bibit-bibit harapan bangsa, kalianlah tunas-tunas muda yang akan melanjutkan estapet kakak-kakak kalian. Tetap tersenyum dan cerialah nikmati hari-harimu. Percayalah, esok kan lebih baik 🙂

About Harrylicious

An IT Enthusiast. Founder Sanggar IT Lombok & Agromina.id. System Analyst. Android Programmer. IT Consultant. Writer on Lombokit.com.

Leave a Reply