Selamat Hari Sumpah Pemuda

Sejak dulu banyak perubahan besar terjadi karena pergerakan yang pemuda. Gerakan pemuda yang terpancar dari jiwa pemuda itu sendiri, yang di karuniakan Tuhan sejak lahir. Tumbuh dan tertanam kuat di dalam naluri setiap pemuda dan pemudi. Maka memang seharusnya anak muda berbuat,  berkarya, berinovasi, bergerak dan menginspirasi demi tercapainya kebenaran yang sejati.

Namun, perkembangan zaman berpengaruh besar terhadap pembentukan mental anak muda. Tak di pungkiri, banyak anak muda kini tertutup kesadarannya terhadap sekitar dan sekelilingnya karena kontaminasi negativitas globalisasi yang menjadikannya manusia setengah robot. Maka pantas saja masa ini juga di sebut dengan Era Disrupsi, terkikisnya kesadaran sosial, empati dan simpati yang berujung pada gagapnya generasi yang harusnya siap untuk menjawab Perubahan Dunia.

Dalam menumbuhkan rasa kesadaran itu kembali, tidak akan mudah seibarat membaca cerita inspiratif dari sebuah media di Smartphone. Kesadaran itu akan timbul dengan kuat bila kita mau duduk kotor di samping orang-orang yang duduk di jalanan, mau basah dan kusam berjemur di terik matahari sembari membantu nelayan mendorong perahu tuanya. Di sadarkan oleh suatu peristiwa akan memantik semangat dan inisiatif lebih baik di banding hanya dengan sebaris kata-kata.  Niscaya keniscayaan semoga seorang pemuda yang di butuhkan dan bermanfaat akan terjawab dengan sendirinya.

Hari ini, puluhan tahun dari momentum besar dari semangat revolusi yang di cetuskan oleh mereka – kini sesepuh kita. Di usia muda mereka sudah memberi persembahan terbaik dengan bangsa ini, mereka ada yang gugur dalam perjuangan yang pastinya mereka hanya ingin berikan kontribusi terbaik selama hidup mereka. Waktu tidak akan mengikis perjuangan dan nilai-nilai yang mereka tanamkan, sebaliknya waktu mengarsipkannya dalam catatan sejarah.

Selamat Sumpah Pemuda. Jadilah pemuda yang berfungsi & bermanfaat pada masamu, meski saat nanti tidak ada yang tahu dan memperdulikanmu. Lakukan semua sebisamu!

#MyTeam

About Harrylicious

An IT Enthusiast. Founder Sanggar IT Lombok & Agromina.id. System Analyst. Android Programmer. IT Consultant. Writer on Lombokit.com.

Leave a Reply