Daftar Soal Komputer Sains – ITC 2020

Berikut 30 daftar soal untuk tingkat pelajar SMA/SMK/MA sederajat dan Mahasiswa. Selamat mengerjakan 🙂

  1. Fisikawan Jendral Hariri hidup di tahun 1800-an. Pada tahun terakhir dalam masa hidupnya dia menyatakan bahwa : “Dulu saya pada usia x tahun pada tahun x2 ”. Di tahun berapa saya dilahirkan?
  2. Perhatikan gambar persegi ajaib berukuran 4×4 di bawah ini:Jika persegi ajaib tersebut diisi bilangan bulat dari 1 sampai dengan 16 sedemikian rupa sehingga total bilangan-bilangan dalam setiap kolom/baris/diagonal adalah sama, maka X + Y + Z = …
  3. Jika harus terdapat tepat 2 ubin yang dipasang secara vertical, berapa banyak cara berbeda untuk mengisi lantai sebuah ruangan berukuran 2×8 dengan menggunakan ubin berukuran 2×1?
  4. Seorang salesman (petugas pemasaran) suatu perusahaan minuman harus mengunjungi 5 warung untuk memperkenalkan produk minuman terbaru. Kelima warung tersebut adalah: P, Q, R, S, dan T. Dia hanya akan mengunjungi masing-masing satu kali saja, satu warung per hari, Senin s/d Jumat, dengan aturan berikut:
    – Tidak boleh mengunjungi warung R pada hari Senin.
    – Harus mengunjungi warung P sebelum mengunjungi S.
    – Harus mengunjungi warung Q sebelum mengunjungi T.
    Mana jadwal yang memenuhi syarat?
  5. Fisikawan Jendral Hariri hidup di tahun 1800-an. Pada tahun terakhir dalam masa hidupnya dia menyatakan bahwa : “Dulu saya pada usia x tahun pada tahun x2 ”. Di tahun berapa saya dilahirkan?
  6. Pak Dungdung mempunyai N buah kartu yang telah diberi nomor 1, 2, 3,…, N. Pada awalnya, Pak Dungdung menyusun kartu-kartu tersebut secara ascending (menaik). Selanjutnya, Pak Dungdung ingin menyusun kartu-kartu tersebut dengan aturan tidak boleh ada satu kartupun yang berada pada posisi yang sama dengan posisi awalnya. Jika N=7, berapa banyak susunan yang sesuai dengan aturan di atas yang dapat dibentuk oleh Pak Dungdung ?
  7. Mana yang pasti benar, jika ia mengunjungi R lebih dahulu daripada P?
  8. Pada sebuah kantong terdapat 2 buah kelereng kuning, 5 buah kelereng biru, dan 8 buah kelereng hitam. Berapa minimal banyaknya kelereng yang perlu diambil agar kita pasti mendapatkan setidaknya 5 kelereng bewarna sama?
  9. Joko sering berbohong (jangan ditiru). Dia hanya jujur sehari dalam seminggu. Satu hari dia berkata: “Aku berbohong pada Senin dan Selasa”. Pada hari selanjutnya dia berkata: “Hari ini adalah salah satu dari hari Minggu, Sabtu atau Kamis”. Pada hari selanjutnya dia berkata: “Aku berbohong pada Jum’at dan Rabu”. Pada hari apa dia berkata jujur?
  10. Adi dan sepuluh temannya sedang mendapatkan tugas prakarya. Mereka harus membuat dari kertas warna-warni bilangan-bilangan dari 1 sampai dengan 100 kemudian menempelkannya di selembar karton yang panjang. Adi kebagian untuk membuat semua angka lima (5) yang dibutuhkan. Berapa banyak angka lima yang harus Adi buat?
  11. Tujuh buah bendera dengan motif berbeda akan dipasang pada 4 tiang bendera. Pada masing-masing tiang bendera bisa dipasang sebanyak nol, satu, atau lebih dari satu bendera. Banyaknya cara memasang bendera tersebut adalah …
  12. Misalkan n adalah bilangan asli terkecil yang semua digitnya sama dan sedikitnya terdiri dari 2019 digit. Jika n habis dibagi 126, maka hasil penjumlahan semua digit dari n adalah:
  13. Jika sebuah jam sekarang menunjukkan pukul 13:00 maka 2019 menit yang lalu jam tersebut menunjukkan pukul …
  14. Berapa banyak angka antara 100 hingga 1000 yang habis dibagi 3 dan 5 tetapi tidak habis dibagi 30?
  15. Dalam suatu kelas, terdapat 40 siswa. 19 siswa menyukai matematika, 10 siswa menyukai komputer, 5 siswa menyukai fisika, 2 siswa menyukai ketiganya, 3 siswa menyukai matematika dan fisika saja, dan 7 siswa menyukai matematika saja. Berapa banyaknya siswa yang tidak menyukai apapun?
  16. Ani dan Banu bermain dadu enam sisi. Jika dadu yang keluar bernilai genap, maka Ani mendapatkan skor 1 sedangkan jika dadu yang keluar bernilai ganjil, maka Banu yang mendapatkan skor 1. Pemenang dari permainan ini adalah orang pertama yang mendapatkan skor total 5. Setelah dilakukan pelemparan dadu sebanyak 5 kali, Ani mendapat skor 4 dan Banu mendapatkan skor 1. Peluang Ani memenangkan permainan ini adalah
  17. Tuliskan langkah-langkah sederhana sesuai algoritma bagaimana cara memindahkan 2 cairan (merah dan biru) dari 2 ember yang berbeda (misal ember A dan ember B)
  18. Terdapat 2 ember dengan ukuran penuh 3 liter & 5 liter, bagaimana anda mendapatkan air dengan ukuran 4 liter hanya menggunakan kedua ember tersebut?
  19. Pepen berdiri sejauh 18 meter disebelah utara Tugu Pemuda, Fanny berdiri 24 meter di sebelah barat Tugu yang sama. Berapakah jarak terdekat antara Fanny dan Pepen yang dapat ditempuh?
  20. Jika a,b,c,d dan e adalah bilangan‐bilangan bulat yang tidak nol dan tidak negatif serta tidak ada yang sama,dan diketahui pulaa+b+c+d=10,berapakah harga terbesar yang mungkin dari ab+cd?
  21. Jika n adalah nilai rata‐rata dari tiga buah angka yaitu 6,9, dan k berapakah nilai  k sesungguhnya?
  22. Berapa hasil dari (80!×38!) / (77!×40!) ?
  23. Misalkan n adalah bilangan asli terkecil yang semua digitnya sama dan sedikitnya terdiri dari 2019 digit. Jika n habis dibagi 126, maka hasil penjumlahan semua digit dari n adalah
  24. Jumlah dua digit pertama dari bilangan hasil perkalian 530003×810004 adalah
  25. Di sebuah meja melingkar untuk 100 orang, 4 orang akan melakukan jabat tangan satu sama lain. Berapa banyak cara memilih 4 orang tersebut sedemikian sehingga tidak ada orang bersebelahan yang berjabat tangan?
  26. Sebuah brankas dilengkapi dengan kunci kombinasi 4 dijit. Masing-masing dijit memiliki 2 kemungkinan nilai, yaitu 0 dan 1. Ternyata, diketahui diantara 4 dijit itu, hanya 2 dijit yang berfungsi untuk mengunci brankas tersebut. Berapakah banyak percobaan minimal untuk dapat membuka brankas tersebut?
  27. Berapakah banyaknya bilangan antara 1-1000, inklusif, dimana perkalian digit-digitnya merupakan bilangan positif kelipatan 10?
  28. Jika diketahui A, B, C dan D adalah bilangan bulat dan memenuhi:
    A.B + C + D = 3
    B.C + A + D = 5
    C.D + A + B = 2
    D.A + B + C = 6
    Berapakah nilai A yang dimaksud?
  29. Pak Adi adalah seorang guru. Ia mengajar 3 kelas, masing-masing berisi 7, 11, dan 13 siswa. Suatu saat, Pak Adi ingin membeli dan membagikan sejumlah permen kepada semua siswa pada salah satu kelas. Jika permen dibagikan ke kelas pertama (7 siswa), maka ada 1 anak yang akan mendapatkan lebih banyak dari yang lain. Jika dibagikan ke kelas kedua (11 siswa), akan ada 8 anak yang mendapat lebih banyak dari yang lain. Jika dibagikan ke kelas ketiga (13 siswa), akan ada 6 anak yang akan mendapat lebih banyak dari yang lain. Berapa jumlah minimal permen agar jika dibagikan ke satu kelas manapun semua siswa akan mendapatnya dalam jumlah yang sama?
  30. Sebuah tangki air memiliki enam buah kran air di bagian dasarnya. Jika semua kran dibuka maka tangki yang terisi penuh akan habis isinya dalam 8 jam. Berapa jamkah yang dibutuhkan untuk menghabiskan isi tangki bila hanya 4 buah kran yang dibuka?

Keterangan:

  1. Soal-soal berikut merupakan hasil kombinasi dari soal-soal sains komputer
  2. Peserta adalah tingkat pelajar aktif SMA/SMK/MA sederajat dan mahasiswa
  3. Peserta diwajibkan memberikan penjelasan berupa: cara penyelesaian soal ataupun oretan
  4. Soal berikut utamanya untuk melihat cara penyelesaian – bukan hasil
  5. Poin bergantung dari kesesuain penjelasan dengan hasil
  6. Pengiriman hasil pengerjaan dapat melalui Fanspage ITC 2020 – Komputer Sains (Via Inbox)
  7. Alternatif pengiriman melalui email [email protected]
  8. Batas waktu pengiriman 24:00, Sabtu, 28 Feb 2020
  9. Peserta yang lolos akan di berikan tiket dan mengikuti workshop pemrograman dasar
  10. Peserta akan di infokan melalui grub ataupun kontak yang terhubung dengan panitia
  11. Hasil dari seluruh peserta akan di urutkan dan di ambil beberapa diantaranya

Syarat Pengiriman:

  1. Mengirimkan pemberitahuan pengumpulan melalui media sosial dengan cara menandai (tagging) Fanspage kami di Facebook ITC 2020 – Komputer Sains dan menandai halaman instansi sekolah yang diwakilkan
  2. Menggunakan hastage #KomputerSainsITC2020
  3. Menyukai halaman ITC 2020 – Komputer Sains

Selamat mengerjakan. 🙂

About Harrylicious

An IT Enthusiast. Founder Sanggar IT Lombok & Agromina.id. System Analyst. Android Programmer. IT Consultant. Writer on Lombokit.com.

Leave a Reply