Start to Learn: Pengantar Computational Thinking

Belajar IT ternyata sangatlah menyenangkan, selain dekat dengan kehidupan sehari-hari juga sangat membantu dalam memecahkan masalah-masalah dan soal disekolah.

Computation Thinking

Source : edukasi101.com

Computational Thinking atau berfikir komputasi adalah cara, metode untuk memahami dan berfikir sebagaimana komputer dan mesin lakukan. Secara dasarnya kita memiliki kemampuan softskill sejak lahir, namun ada yang dilatih dan tidak. Softskill seperti problem-solving, analytical thinking akan menjadi modal dalam belajar computational thinking. Ada 4 metode yang akan kita ketahui:

  1. Decomposition : Memecah-mecah masalah menjadi lebih kecil dan sampai ke pokok sebuah masalah hingga kita menyelesaikan suatu masalah tersebut dapat menyelesaikannya satu persatu dan mengidentifikasi perbagian darimana masalah itu datang.
  2. Pattern Recognition : Mencari pola, biasanya didalam sebuah masalah terdapat pola pola tertentu untuk memecahkannya disitu kita dituntut mengetahui sendiri bagaimana pola tersebut.
  3. Abstraksi : Melakukan generalisasi dan mengidentifikasi prinsip-prinsip umum yang menghasilkan pola, tren dan keteraturan tersebut. Biasanya dengan melihat karakteristik umum dan juga membuat model suatu penyelesaian.
  4. Algorithm : Mengembangkan petunjuk pemecahan masalah yang sama secara step-by-step, langkah demi langkah, tahapan demi tahapan sehingga orang lain dapat menggunakan langkah/informasi tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang sama.

 

Banyak solusi yang dapat diformulakan melalui melatih cara berpikir Computational Thinking karena tanpa sadar akan membantu kita dalam cara pandang terhadap sebuah masalah. Untuk sejarah computational thinking bisa dicari melalui Wiki dan sejenisnya.

Nah, melalui artikel ini sebagai pengantar untuk selanjutnya kita akan belajar lebih banyak dalam penerapan computational thinking khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk artikel selanjutnya akan penulis update dengan topik lanjutan tentang computational thinking. Stay tuned.

About Harrylicious

An IT Enthusiast. Founder Sanggar IT Lombok & Agromina.id. System Analyst. Android Programmer. IT Consultant. Writer on Lombokit.com.

Leave a Reply