Berbagi: Pengembangan Bisnis Berbasis Startup Lintas Prodi

Hand sharpen hand, brain sharpen brain.

Begitulah manfaat besar dari komunitas yang di jalankan, didalamnya dapat mengasah pemikiran dan keterampilan. Keberadaan komunitas disuatu tempat sama pentingnya keberadaan sebuah pohon di jalan yang panas berdebu. Komunitas dapat menjadi wadah beristirahat dan mengembalikan energi yang hilang.

Terlibat dikomuitas sejak tahun 2018 membuat penulis merasa pentingnya untuk menjalan dan bergerak kembali dari komunitas ke komunitas lainnya. Dengan membangun daerah berbasis jejaring pemuda yang solid akan berdampak dalam pembentukan daerah yang mandiri dan berdedikari. Semakin banyak pemuda yang produktif semakin unggul daerah yang ditinggalinya.

Salah satu bentuk ikhtiar dalam memperluas jangkauan pergerakan komunitas adalah dengan berbagi kepada generasi ke generasi. Alhamdulillah, kesempatan besar ini terkabulkan dengan dilibatkannya kami sebagai narasumber dalam Kuliah Kewirahusahaan Lintas Prodi yang dilaksanakan Program Inkubator Bisnis Universitas Hamzanwadi.

Bersama dua kawan muda hebat dan berprestasi yang sudah dikenal karena karyanya saat masih mengemban status mahasiswa membuktikan banyak pemuda-pemudi yang dapat menorehkan hasil luar biasa yang menginspirasi untuk sesamanya. Kawan muda tersebut adalah:

Faisal Hidayat

Faisal Hidayat

Faisal Hidayat

Kelahiran Lombok yang pada semester tengah sudah menjadi CEO muda untuk Startup Agromina.id dan pada semester akhir menjadi Juara 2 dalam acara Grand Launching Day dengan produk inovasi yaitu The Moment yang dilaksanakan Universitas Hamzanwadi. Meski berprestasi dibidang akademik, Faisal juga cukup berprestasi dalam diluar kegiatan perkuliahaannya terbukti dengan banyaknya karya yang sudah dihasilkan.

Fathurriadi

Fathurriadi

Fathurriadi

Kawan muda yang satu ini terkenal dengan ketekunan dan kesabarannya, menjadi pribadi yang gampang bergaul dan berprestasi membuat banyak perusahaan lokal yang ingin menariknya. Salah satu mahasiswa memiliki daya-tahan (resiliensi) yang kuat dalam menghadapi masalah-masalahnya. Pada semester tengah menjadi seorang CTO (Chief Technical Officer) di startup Agromina.id kemudian menjadi juara 3 pada acara Grand Launching Day dengan aplikasi yang ditawarkan untuk kesejahteraan manusia dalam menangani persoalan sampah yaitu SOLAH.

Harry Sunaryo

Harry Sunaryo

Dan tidak lupa saya juga diberi kesempatan, tips dan triks mencari dan menjalankan ide bisnis yang profitable dan sustainable. Berbagi pengalaman selama mendirikan dan menjalankan Komunitas Sanggar IT Lombok, bagaimana menjadi seorang project manager dalam memimpin pengembangan sebuah projek hingga bagaimana menjadi juara dalam acara Grand Launching Day.

Semua kesempatan yang diberikan kepada saya dan teman-teman sangat memberi arti untuk saya dalam menyalurkan niatan untuk trus dapat terlibat dalam komunitas IT yang ada didaerah saya.

Buat kawan-kawan muda saya diatas, semoga selalu diberi kekuatan dan kelancaran dalam belajar dan berbagi, juga buat generasi muda yang selanjutnya akan menjadi agen perubahan untuk daerah.

 

 

About Harrylicious

An IT Enthusiast. Founder Sanggar IT Lombok & Agromina.id. System Analyst. Android Programmer. IT Consultant. Writer on Lombokit.com.

Leave a Reply