Dokumentasi Webinar Talk Show IT – Belajar Memahami Peluang dan Tantangan untuk Profesi IT di Era Teknologi Industri 5.0

Dokumentasi Talkshow IT

Dokumentasi Talkshow IT

Minggu, 14 Maret 2021. Memenuhi undangan HMPS Teknik Informatika – Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi dalam acara Talk Show IT dengan tema Belajar Memahami Peluang dan Tantangan untuk Profesi IT di Era Teknologi Industri 5.0 bersama narasumber pertama, beliau adalah Guru dan Dosen saya Pak Dr. Indra. Gunawan. Dalam kesempatan ini saya alhamdulillah dapat memaparkan point of view soal Era Industri 4.0.

Pak Indra Senyum apa Nangis?

Pak Indra Senyum apa Nangis?

Istilah Industri 1.0 – 4.0 cukup laku dalam satu dekade ini sebagai sebuah loncatan peradaban yang tinggi terhadap interaksi manusia, cara bekerja, menghasilkan dan memenuhi kebutuhan. Istilah ini tidak harus dilihat dari hari ini saja, melainkan harus dilihat dan ditelisik dari sebuah rangkaian peristiwa yang begitu panjang dari masa lalu. Mulai dari alat-alat sederhana yang diciptakan seorang, kemudian adanya ditemukan tenaga listrik hingga berserikatnya masyarakat membentuk kegiatan manufaktur dengan mengandalkan peralatan teknologi hingga adanya ketergantungan terhadap mesin serta kekhawatiran yang terjadi setelah-setelahnya. Singkatnya begitu namun detailnya tidak akan begitu.

Revolusi yang dimaksud tentu bukan hanya berubahnya bentuk mesin dari besar ke kecil, dari sedikit ke banyak dan single-tasking ke multi-tasking melainkan bertumbuh kembangnya mental dan budaya masyarakat dari zaman ke zaman. Sehingga perubahan peradaban-peradaban tersebut penting untuk di beri turn point dari 1.0, 2.0, 3.0 hingga 4.0 sebagai penanda berubahnya kesadaran, budaya hingga literasi digital masyarakat yang signifikan.

Lalu, apa yang terjadi ditempat kita sekarang? Dinegara Kita Tercinta? Apakah kesadaran dan literasi terhadap teknologi kita sudah bisa dianggap 4.0? Mungkin harapan kita hidup di Era Industri 4.0 namun faktanya kesadaran dan tingkat literasi kita masih 1.0. Terbukti dengan masih jauhnya kesadaran positif kita dalam memanfaatkan Teknologi, masih banyaknya juga pendidikan didaerah-daerah di negara kita yang belum tersentuh dengan layanan internet serta common case yang ada dan sehari-hari kita temukan yang representatif membuktikan bahwa kita belum sadar penuh hidup diera ini.

Belum selesai kita dengan 4.0, muncul wacana dunia dengan hadirnya Industri 5.0 maka dari belahan negara lain seperti Jepang sudah mitigasi negaranya untuk survive di era terbaru ini dengan mengusung kampanye Society 5.0, apa itu Society 5.0? Yaitu suatu konsep Society yang berpusat pada manusia (human-centered) dan berbasis teknologi (technology based) yang pertama kali dikembangkan oleh Jepang.

Maka, sebagai masyarakat yang hidup di era 5.0, apa yang harus kita lakukan? Isi dikolom komentar buat kamu yang sadar bahwa kita anak muda harus berubah. 🙂

About Harrylicious

An IT Enthusiast. Founder Sanggar IT Lombok & Agromina.id. System Analyst. Android Programmer. IT Consultant. Writer on blog.lombokit.com

Leave a Reply